12 cara untuk meningkatkan kesuburan Anda

Menurut sebuah studi oleh Organisasi Kesehatan Dunia, keberhasilan atau kegagalan infertilitas sama-sama turun ke laki-laki seperti perempuan. Sperma sehat meliputi hitungan, morfologi (struktur) dan motilitas (gerakan), dan beberapa di antaranya berada dalam kendali Anda. Pakar kesuburan Emma Cannon, dan Dr Kim Clugston merekomendasikan 12 cara terbaik untuk meningkatkan kesuburan Anda.

1. Waspadai bahan kimia

Polusi dapat berdampak negatif terhadap morfologi dan motilitas. “Pencemaran lingkungan bisa berdampak pada bentuk kepala dan ekor sperma,” kata Cannon. Plastik juga menjadi masalah. “Hal-hal seperti Cellophane adalah gangguan endokrin, kita menyerap semua ini ke dalam sel dan aliran darah kita. Pemanasan Cellophane saat memasak, misalnya, bisa bocor xenoestrogen, mengganggu hormon.”

2. Berhenti minum

Bukan hanya perempuan yang harus memperhatikan konsumsi alkohol dan rokok saat mencoba hamil, pria juga harus minum secukupnya, dan hindari merokok. Saran tentang berapa banyak alkohol yang diminum saat mencoba hamil masih bisa diperdebatkan. Konsumsi alkohol kebiasaan dapat merusak kualitas, struktur dan pergerakan sperma dengan mencegah hati dari memetabolisme vitamin A dengan tepat, yang diperlukan untuk pengembangan sperma. Selain itu, penelitian ilmiah telah melaporkan bahwa alkohol dapat menyebabkan masalah pada testis. Tidak perlu bagi pria yang ingin memulai sebuah keluarga untuk benar-benar merasa jenuh tapi disarankan untuk mengurangi dan menghindari pesta atau kebiasaan minum.

3. Berhenti merokok

Merokok memiliki dampak pada kualitas sperma. Hal ini juga melaporkan bahwa jumlah, pergerakan dan bentuk sperma mungkin lebih buruk pada perokok daripada bukan perokok, dan ini cenderung membuat telur menjadi lebih sulit untuk dibuahi. Bahan kimia dalam asap rokok merusak DNA juga. Jika Anda ingin memperbaiki kesuburan Anda sama sekali tidak merokok, namun mengurangi jumlah rokok per hari akan membuat beberapa perbedaan.

4. Menilai kembali rezim latihan Anda

Meskipun berolahraga sangat bermanfaat baik untuk kesehatan mental maupun fisik, penting untuk tidak berlebihan saat mencoba hamil. Pria yang memiliki jadwal olah raga yang sering dan intens, dibandingkan dengan pria yang berolahraga 3 kali seminggu lebih sedikit, dapat memiliki kualitas sperma yang lebih rendah. Jika pria berolahraga terlalu banyak, dengan sedikit istirahat, itu bisa berdampak langsung pada jumlah sperma, morfologi dan motilitas. Latihan berlebihan dapat menurunkan kadar testosteron seorang pria dan kerusakan sel dapat terjadi sebagai akibat meningkatnya stres oksidatif. Oleh karena itu, patuh pada ketahanan berat badan sedang dan latihan kardiovaskular untuk memastikan latihan Anda tidak mempengaruhi peluang pembuahan Anda.

Image result for fertility

 

Ubat kuat lelaki

OLEH DR SETH RANKIN
5. Jahit garis depan Y

Saat menasihati tentang faktor-faktor yang mungkin menghambat kesuburan seorang pria, kita menemukan potensi overheating testis adalah yang paling diabaikan. Pakaian ketat di sekitar testis dapat meningkatkan suhu di wilayah ini namun kenaikan kecil pun dapat menyebabkan masalah pada kualitas sperma, karena suhu ideal untuk produksi sperma sekitar 1-2 ° C lebih rendah dari suhu tubuh. Jumlah sperma dan morfologi (bentuk) paling terpengaruh oleh paparan panas. Bukti ilmiah ke daerah ini kurang, meski akan disarankan memakai celana pendek petinju longgar dibandingkan pakaian ketat untuk mendorong kualitas sperma terbaik. Hal yang sama berlaku untuk segala bentuk panas di sekitar testis, sehingga memiliki laptop Anda di pangkuan Anda, duduk di meja untuk jangka waktu yang lama, bahkan sauna atau bak mandi air panas sebaiknya dihindari.