Panorama Keindahan Wisata Embung Nglanggeran Gunung Kidul

Diantara satu wisata yang unik ialah kombinasi wisata alam dengan wisata buatan yakni wisata Embung atau waduk. Setidaknya terdapat dua waduk dengan panorama indah dimiliki oleh provinsi Yogyakarta. Yakni embung Sriten dan embung Nglanggeran Gunung Kidul, kedua waduk ini di jadikan lokasi wisata waduk serta keindahan alam yang memukau.

Embung Nglanggeran Gunung Kidul

Embung Nglanggeran merupakan salah satu wisata tirta baru diresmikan oleh raja Yogyakarta saat ini menjabat sebagai Gubernur, pak Sri Hamengkubuwono X pada tahun februari 2013. Wisata Embung Nglanggeran dipadukan dengan wisata alam yakni wisata taman buah di lereng gunung Nglanggeran , karena letak wisata ini berada di gunung.

Selain itu wisata embung ini berdekatan dengan wisata lainnya, yakni wisata gunung Api Purba Yogyakarta dengan waktu tempuh sekitar 20 menit. Keindahan alam di embung Nglanggeran tidak perlu diragukan lagi apabila anda berniat untuk menikmati suasana sunset dan sunrise. Selain itu wisatawan dapat melihat lembah hijau hingga batas mata memandang. Sehingga cocok bagi wisatawan hendak foto bersama keluarga dan teman.

Apabila pengunjung merasa lelah mengitari dan menikmati panorama alam embung Nglanggeran, tidak perlu khawatir karena wisata embung ini memiliki tempat istirahat seperti gazebo. Waktu paling tepat menikmati suasana yakni di sore hari tepat saat waktu sunset.

Seperti wisata pada umumnya, wisata Nglanggeran memiliki fasilitas umum disediakan untuk pengunjungnya seperti gazebo, mushola umum, sekumpulan pedagang makan kecil, warung makan serta toilet bersih. Selain itu terdapat tempat parkir yang luas dan terjamin keamanannya.

Harga tiket masuk di embung Nglanggeran berupa retribusi pemerintah yakni sebesar Rp. 3.000 sedangkan bagi pengunjung membawa kendaraan pribadi dikenakan biaya parkir motor sebesar Rp. 3.000 dan mobil Rp. 6.000 di embung Nglanggeran Gunung Kidul.