Mengenal ramuan herbal dari Indonesia

Negara Indonesia adalah negeri dimana banyak jenis tanaman yang tumbuh subur hampir di seluruh penjuru. Banyaknya jenis tanaman yang bisa tumbuh di indonesia, banyak digunakan untuk komposisi pembuatan ramuan herbal untuk pengobatan secara tradisional.

ramuan oles tahan lama

Ramuan tradisional tersebut meskipun belum uji laboratorium, namun sudah dipercaya oleh masyarakat indonesia secara turun temurun untuk pengobatan secara alami. Jika perihal pengobatan dengan cara tradisional ditanyakan kepada dokter, akan bertolak belakang karena dokter umumnya berbicara sesuai ilmu pasti melalui uji laboratorium, jadi tidak nyambung.

Berikut adalah contoh-contoh ramuan herbal dari nenek moyang yang sampai sekarang masih digunakan untuk pengobatan tradisional ataupun untuk menjaga kesehatan badan.

1. Ramuan herbal penambah nafsu makan
Untuk memperbaiki nafsu makan, biasanya menggunakan temulawak, brotowali atau daun pepaya. Cara pembuatannya juga cukup sederhana yaitu dengan mengambil ekstrak dari tanaman tersebut dan diminum secara teratur.

2. Ramuan untuk menambah imunitas
Seseorang yang memiliki imunitas yang baik, maka tidak akan gampang terserang penyakit. Sebaliknya dimana seseorang yang daya imunnya kurang baik, maka mudah terserang penyakit. orang kita dahulu sering membuat ramuan menggunakan jinten hitam, daun sirsak, kunyit atau kulit manggis.

3. Ramuan oles tahan lama
Untuk membuat ramuan tahan lama oles, biasa bahan yang digunakan adalah gambir serawak. Gambir serawak ini banyak didapatkan di pulau kalimantan. Ada juga ramuan oles tahan lama dari mesir, yang mana sering dinamakan hajar jahanam mesir.

Masih banyak aneka macam ramuan herbal tradisional dari leluhur yang tidak mungkin ditulis semua. Ramuan-ramuan tersebut diatas dipercaya secara tradisional dan secara turun temurun yang berkhasiat untuk pengobatan tanpa khawatir bahan kimia.